Rabu, 28 Oktober 2015

RISET EVALUASI PROGRAM BANTUAN LANGSUNG MASYARAKAT (BLM) DESA BANYUDONO, KECAMATAN BANYUDONO, KABUPATEN BOYOLALI, PROVINSI JAWA TENGAH



RISET EVALUASI PROGRAM BANTUAN LANGSUNG MASYARAKAT (BLM) DESA BANYUDONO, KECAMATAN BANYUDONO, KABUPATEN BOYOLALI, PROVINSI JAWA TENGAH

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Ujian Akhir Semester Genap Mata Kuliah Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik
Dosen Pengampu : H. Joko Pramono, S.Sos, M.Si


OLEH
Nama                          : Farco Siswiyanto Raharjo
NIM/NPM                  : 13400009
Program Study          : Ilmu Administrasi Negara

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA
2015





Tugas ini disusun dan dipersiapkan oleh


FARCO SISWIYANTO RAHARJO
NPM 13400009

Guna memenuhi Mata Kuliah Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik
Untuk Kemudian diberikan penilaian oleh dosen pengampu


H. Joko Pramono, S.Sos, M.Si
NIPY 0194.0173




PERSEMBAHAN







Tugas ini saya persembahkan kepada :
1.      Kedua Orang Tua, Mama dan Papa yang telah memberikan segalanya untuk saya.
2.      Eyang Kakung dan Eyang Putri yang senantiasa menyayangi dan selalu memberikan motivasi untuk saya.
3.      Teman Teman Sekelas dan Se program study Ilmu Administrasi Negara yang telah menjadi bagian dari hidup saya.
4.      Dosen Pengampu Mata Kuliah Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik, H. Joko Pramono, S.Sos, M.Si yang senantiasa membimbing saya dengan baik dalam pekuliahan.
5.      Dosen - Dosen Program study Ilmu administrasi Negara yang tanpa lelah senantiasa memberikan Ilmu Pengetahuan Kepada saya.
6.      Teman Teman Organisasi Kampus yang telah bekerjasama dan berjuang bersama saya dalam berbagai kegiatan.



Kata Pengantar
Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan berkat dan anugerahnya saya dapat menyelesaikan tugas dengan judul “RISET EVALUASI PROGRAM BANTUAN LANGSUNG MASYARAKAT (BLM) DESA BANYUDONO KECAMATAN BANYUDONO, KABUPATEN BOYOLALI, PROVINSI JAWA TENGAH” untuk mata kuliah Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik.
Semoga dengan tugas yang saya buat ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman kita. Saya sadar dalam penulisan tugas ini banyak terdapat beberapa kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu saya mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan tugas ini.
Semoga tugas yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih atas perhatiannya.
            Karanganyar, 29 Juni 2015
                                                                            Hormat Saya

Farco Siswiyanto Raharjo
         NPM :13400009



DRAFT EVALUASI
KEBIJAKAN
TUJUAN
INDIKATOR PENCAPAIAN


Program Bantuan Langsung Masyarakat
BIDANG LINGKUNGAN
·         Rehab / Renovasi Rumah Warga Tidak Layak Huni








·         Pembuatan Fasilitas MCK bagi Warga yang tidak / belum memiliki MCK secara layak.

·         Pemasangan Listrik Gratis untuk keluarga Miskin yang rumahnya belum teraliri listrik







·         Pembuatan sumur penampungan limbah














·         Pengadaan Gerobak sampah




·         Berem dan Selokan




·         Jambanitasi





BIDANG EKONOMI
·         Bantuan Dana  Bergulir










BIDANG SOSIAL
·         PMT (Pemberian Makanan Tambahan) Lansia dan Balita

·         Posyandu





·         Pengobatan Gratis




·         Perpustakaan





·         Beasiswa Gakin




·         Bantuan Alat sekolah


·         Memberikan kemudahan untuk mendapatkan jaminan perlindungan hak masyarakat miskin atas perumahan.di Kabupaten Boyolali

·         Memberikan Fasilitas MCK yang layak untuk Warga Masyarakat



·         Membantu masyarakat ekonomi golongan lemah dalam memperoleh pelayanan pemasangan instalansi listrik gratis tanpa harus memikirkan biaya

  • Mewujudkan tempat tinggal yang bersih bagi masyarakat, Mencegah timbulnya pencemaran lingkungan, Mencegah berkembangbiak nya hama penyakit dan vektor penyakit


·         Mewujudkan fasilitas penunjang kebersihan dilingkungan desa

·         Terwujudnya Infrakstruktur Desa yang layak dan sesuai standar

·         Perwujudan sanitasi yang layak bagi masyarakat ekonomi lemah

·         Membantu perekonomian masyarakat Desa banyudono dan sebagai upaya bantuan permodalan untuk mendorong kegiatan UMKM masyarakat.



·         Peningkatkan Kesehatan Lansia dan Balita

·         Peningkatan Kesehatan dan Perkembangan Balita



·         Upaya Peningkatan kesehatan masyarakat
·         Mewujudkan Fasilitas Publik yang layak bagi masyarakat, yakni fasilitas perpustakaan desa
·         Pemberian bantuan beasiswa terhadap 100 siswa warga Desa Banyudono
·         Upaya peningkatan motivasi belajar siswa di desa Banyudono

ANALISIS :
Program Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) merupakan progam dari pemerintah kabupaten Boyolali yang didistribusikan ke desa - desa untuk pembangunan dibidang lingkungan, ekonomi dan sosial.
Program Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) pada tingkat Desa dikendalikan oleh Pengurus BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) dengan penanggungjawab Kepala Desa.
Program Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) di bidang Lingkungan meliputi : Rehab Rumah Tidak Layak Huni, Pembatan Sarana MCK, Pemasangan instalasi Listrik Gratis untuk keluarga miskin, Pembuatan sumur penampungan limbah, pengadaan gerobak sampah, Berem dan selokan, Jambanisasi.
Program BLM di bidang Lingkungan ini dibawah supervisi Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Boyolali. Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) ini diberikan dalam bentuk barang material bukan dalam bentuk finansial. Daftar Penerima Manfaat untuk program ini telah terlampir. Indikator pencapaian tujuan dari program BLM bidang lingkungan ini adalah Terwujudnya pembangunan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan kepada masyarakat.
Program Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) di bidang Ekonomi meliputi : Bantuan Dana Bergulir. Indikator perncapaian program ini adalah bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat desa, selain itu sebagai upaya memberikan  bantuan kredit permodalan untuk mendorong UMKM yang ada di Desa Banyudono, Daftar Penerima Manfaat program bantuan dana bergulir ini sudah terlampir.
Program Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) di bidang Sosial meliputi :
Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Lansia dan Balita, Posyandu, pengobatan gratis, Perpustakaan, Beasiswa Gakin,Bantuan Alat Sekolah.
            Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) untuk bidang Sosial diutamakan untuk pemenuhan hak hak masyarakat dalam memperoleh akses yang bersifat pelayanan sosial seperti yang tercantum diatas. Indikator pencapaian dari program tersebut adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan yang bersifat sosial.




EVALUASI
Pada dasarnya pelaksanaan Program BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) oleh pemerintah Kabupaten Boyolali ke Desa Banyudono berjalan dengan lancar. Pelaksanaan program ini sesuai dengan prosedur dan intruksi dari instansi vertikal yang bersangkutan.
Program BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) mendapat tanggapan atau respon yang positif dari masyarakat, karena program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk diantaranya masyarakat yang masuk dalam Daftar Penerima Manfaat.
Evaluasi dari program BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) ini adalah :
1.      Lanjutkan program BLM untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat desa yang memerlukan bantuan dibidang Lingkungan, sosial dan Ekonomi.
2.      Kelompok pemuda desa (Karang Taruna) akan sangat baik apabila  dilibatkan, supaya mereka mengerti tentang program pemerintah dan mengerti bagaimana terjun secara langsung ditengah masyarakat.
3.      Program BLM harus merata, tidak aja berfokus pada desa tertentu yang mudah dijangkau, namun arahkan juga kepada desa yang sulit terjangkau. Supaya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dapat berjalan secara merata.
4.      Proses perencanaan penganggaran program tersebut harus senantiasa memperhatikan asas efektif, efisien, maupun equity.
5.      Jangan menggunakan program BLM ini sebagai alat mencapai tujuan politik, seperti untuk upaya melakukan kampanye terselubung kepala daerah, agar periode berikutnya dipilih kembali oleh rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar